Bismillahirrohmanirrohim...

Mengeluarkan zakat adalah salah satu kewajiban bagi setiap muslim. Oleh sebab itu, kali ini admin Catatan-Islami akan membahas sedikit mengenai artikel Keutamaan Bagi Orang yang Mengeluarkan Zakat.

Bagi orang yang mengeluarkan zakat, selain sebagai bentuk kepekaan diri seseorang terhadap lingkungan sosial di sekitarnya ia juga akan memperoleh keutamaan-keutamaan yang telah dijanjikan oleh Allah untuknya. Keutamaan-keutamaan yang akan diperoleh orang-orang yang mengeluarkan zakatnya di antaranya adalah mendapat balasan dari Allah dan dijauhkan dari api neraka serta dijanjikan Allah masuk kedalam surga, sebagaimana dengan firman Allah swt.:

"Tiada kamu membelanjakan sesuatu, melainkan Allah akan menggantikannya." (Q.S. Saba': 39)

Dalam ayat lain Allah swt. menjelaskan juga:

"Dan kelak akan dihindarkan dari api neraka orang yang bertaqwa, yaitu orang yang memberikan hartanya untuk berzakat. Padahal tidak ada seorang pun yang memberikan suatu nikmat kepadanya yang harus dibalasnya, tetapi semata-mata karena mencari keridhoan Allah Yang Maha Tinggi. Dan kelak dia benar-benar akan mendapatkan kepuasan." (Q.S. Al-Lail: 17-21)

Dari Abu Ayyub bahwasanya seorang pria berkata kepada Nabi saw. "Jelaskanlah kepadaku tentang amal perbuatan yang dapat memasukkan diriku ke dalam surga." Jawab Beliau, "Beribadahlah kamu kepada Allah, dan janganlah syirik kepada-Nya, tegaklah sholat dan bayarlah zakat, serta sambunglah tali silaturrahmi." (H.R. Bukhari).

Keutamaan Bagi Orang yang Mengeluarkan Zakat

Selain keutamaan-keutamaan tersebut, zakat juga dapat melindungi harta dan menghilangkan kejahatan bagi orang yang mengeluarkannya. Hasan r.a. memberitakan bahwa Rasulullah saw. bersabda:

"Lindungilah harta-harta kalian dengan zakat. Obatilah penyakit-penyakit kalian dengan sedekah. Hadapilah gelombang-gelombang perpecahan dengan doa dan sikap merendahkan diri kepada Allah." (H.R. Abu Dawud).

Jabir r.a. menceritakan ada seorang lelaki bertanya kepada Rasulullah saw. "Ya Rasulullah, bagaimana pendapat engkau jika seseorang menunaikan zakat hartanya?" Maka Rasulullah saw. bersabda: "Barang siapa mengeluarkan zakat hartanya maka hilanglah kejahatan pada dirinya." (H.R. Thabrani).

Demikianlah beberapa keutamaan orang-orang yang rela memberikan hak para fakir miskin yang ada di dalam hartanya.

Semoga bermanfaat dan kesempurnaan hanyalah milik Allah swt.

ARTIKEL TERKAIT:

Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar