Bismillahirrohmanirrohim...

Kali ini admin Catatan islami akan membahas mengenai harta benda yang wajib dikeluarkan zakatnya. Semoga dengan artikel singkat ini dapat dipahami oleh kita semua.

Pada dasarnya zakat dibagi menjadi dua, yaitu zakat fitrah dan zakat harta benda. Zakat fitrah adalah zakat yang wajib dikeluarkan oleh setiap orang Islam yang mampu, waktu pelaksanaannya pada setiap awal bulan Ramadhan sampai sebelum dilaksanakannya sholat Idul Fitri. Adapun zakat yang harus dikeluarkan berupa bahan makanan yang mengenyangkan menurut tiap-tiap tempat atau negeri, dan ukuran zakat fitrah yang harus dikeluarkan sebanyak 3,1 liter atau 2,5 kilogram.

Sedangkan zakat harta benda adalah harta benda yang wajib dikeluarkan zakatnya. Yang termasuk dalam zakat harta benda, antara lain:

1. Binatang ternak. Jenis binatang yang wajib dikeluarkan zakatnya hanya unta, sapi, kerbau, dan kambing. Dan binatang tersebut tidak digunakan untuk membajak sawah atau pun menarik gerobak.

2. Emas dan perak. Emas dan perak dalam hal ini bukan termasuk perhiasan yang dipakai oleh pemiliknya.

3. Hasil pertanian. Hasil pertanian yang wajib dizakati hanyalah berupa biji makanan yang mengenyangkan (seperti padi) dan buah-buahan. Buah-buahan yang wajib dikeluarkan zakatnya hanyalah buah anggur dan kurma.

4. Harta perniagaan. Yang dimaksud dengan harta perniagaan dalam hal ini adalah harta hasil perdagangan, biasanya zakatnya disamakan dengan zakat emas dan perak.

5. Zakat harta terpendam (rikaz). Maksudnya emas atau perak yang ditanam oleh kaum Jahiliah jika sudah mencapai satu nishab maka wajib dikeluarkan zakatnya sebanyak 20%.

Harta Benda yang Wajib Dikeluarkan Zakatnya

Adapun syarat-syarat umum bagi pemilik harta benda yang wajib dizakati adalah sebagai berikut:

1. Islam. Orang yang tidak beragama Islam tidak diwajibkan mengeluarkan zakat.

2. Merdeka. Orang yang tidak merdeka (budak) tidak wajib berzakat.

3. Milik yang sempurna. Sesuatu yang belum sempurna dimiliki seseorang tidak wajib dikeluarkan zakatnya.

4. Cukup satu nishab (ukuran). Nishab untuk setiap zakat harta benda berbeda antara yang satu dengan yang lainnya.

5. Sampai haul. Maksudnya benda tersebut sampai satu tahun dimilikinya. Hal ini berlaku untuk semua zakat harta benda kecuali zakat harta terpedanm. Zakat harta terpendam wajib dikeluarkan zakatnya langsung pada saat harta tersebut ditemukan.

Semoga bermanfaat dan kesempurnaan hanyalah milik Allah swt.

ARTIKEL TERKAIT:

Kategori: ,

6 komentar: