Bismillahirrohmanirrohim...

Sedekah berarti bentuk sikap kita untuk membentengi diri dari kefakiran. Kita sudah tahu dan banyak bukti yang menyatakan kehebatan dari sedekah. Dan apakah kalian tahu, jika sedekah itu indah dan tidak membuat kita jatuh miskin? Apalagi jika sedekah yang kita lakukan didasari oleh keridhoan Allah swt. Nah, oleh sebab itu admin Catatan Islami akan mengulas sedikit mengenai artikel Indahnya Bersedekah. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan kita pada umumnya, dan admin sendiri khususnya untuk lebih peka lagi kepada sesama manusia melalui sedekah. Indahnya bersedekah. Yuk, kita bersedekah ^_^.

Sedekah bagi sebagian manusia merupakan kebiasaan yang tidak begitu berarti dan tak demikian diperhatikan. Sehingga dalam bersedekah, meskipun dilakukan dengan ikhlas, tetapi jika ada orang yang melihat atau pun memujinya, hatinya bertambah senang. Ada pula jenis manusia yang memang mencari nama dan kehormatan dalam bersedekah. Mereka sengaja, menyebut-nyebut dan membicarakan apa yang baru saja disedekahkan kepada orang lain dengan tujuan mencari pujian.

Namun seandainya manusia, khususnya kaum muslimin mengetahui hal yang terkandung di dalamnya, masihkah mereka mencari muka lagi dalam sedekahnya? Karena mereka menyadari bahwa sedekahnya pasti akan sia-sia, tak mendapatkan pahala, tak menjadi simpanan yang menyelamatkan, apalagi ridho Allah ta'ala.

Sedekah bisa diartikan memberikan sesuatu kepada orang lain dengan tanpa mengharapkan imbalan sepeser pun, kecuali ridho Allah swt. Allah telah berjanji akan mengganti harta yang disedekahkan dengan berlipat ganda. Hal tersebut ditegaskan melalui firman-Nya dalam Q.S. al-Baqarah ayat 245:

"Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik, menafkahkan hartanya di jalan Allah, maka Allah akan melipatgandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak. Dan Allah menyempitkan dan melapangkan rezeki dan kepada-Nyalah kamu dikembalikan."

Indahnya Bersedekah

Merujuk dari ayat di atas, kita mengetahui bahwa harta atau sedekah yang kita keluarkan akan diganti dengan jumlah dan kualitas yang berlipat ganda. Toh, menafkahkan harta tidak akan menjadikan seseorang menjadi fakir, begitu juga sebaliknya, tidak menafkahkan harta yang dimilikinya juga tidak menjadikan seseorang menjadi kaya. Jadi, benar kiranya bahwa bersedekah merupakan rahasia diri seorang muslim untuk membentengi diri dari kefakiran. Dan tentu saja jika bersedekah itu indah.

Semoga bermanfaat dan kesempurnaan hanyalah milik Allah swt.

ARTIKEL TERKAIT:

Kategori:

6 komentar: